5 Cara Untuk Mengatahui Nomor IMEI di Smartphone Android dan iOS

5 Cara Untuk Mengatahui Nomor IMEI di Smartphone Android dan iOS

Hallo sobat duriat.com, Nomor IMEI Smartphone menjadi salah satu bagian penting untuk kita ketahui, lalu kira-kira bagaimana ya caranya untuk mengathui IMEI Smartphone dan dimana saja tempat IMEI berada? simak ulasannya dibawah ini.

Berbicara tentang Nomor IMEI, setiap ponsel Android yang diproduksi oleh setiap produsen, baik itu ponsel murah hingga ponsel canggih sekalipun tentunya pasti memiliki identitas khusus yang biasanya dikenal sebagai IMEI (International Mobile Equipment Identity). Nomor IMEI ini sendiri biasanya terdiri dar 15 sampai 16 digit sob, serta operator seluler menggunakannya untuk mengetahui perangkat yang terhubung ke jaringan.

Selain itu, IMEI juga bisa digunakan memblokir ponsel yang hilang / dicuri dari suatu jaringan hingga bisa melacak ponsel tersebut sob, nah jadi IMEI ini merupakan hal yang penting terutama untuk Smartphone Android. Oleh karen itu, IMEI ini dianggap salah satu hal yang cukup penting untuk mengatasi masalah jika terjadi pada Smartphone Android atau iOS kamu nantinya.

Apa IMEI itu sebenarnya ? Perlu kamu ketahui, jadi sebenarnya IMEI itu menurut Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Ismail MT, International Mobile Equipment Identity (IMEI) adalah nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM (GSMA) untuk tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen HP.

Fungsi yang dimiliki Nomor IMEI diantaranya yaitu:

1. Mengetahui Identitas HP
IMEI mempunyai fungsi untuk mengetahui identitas ponsel sob, selain itu kamu juga bisa mengunjungi situs untuk cek IMEI seperti www.imei.info untuk mengecek identitas HP secara detail.

2. Untuk Mengecek Garansi
Hal ini menjadi sangat penting buat kamu yang ingin membeli HP secara online. Dengan begitu, kamu bisa mengecek terlebih dahulu apakah HP yang mau kamu beli masih dalam kondisi baru atau nggak.

3. Untuk Melacak HP Hilang
Selain itu fungsi lain dari nomor IMEI yang juga sangatlah penting adalah untuk melacak HP yang hilang sob, jadi selama ini kamu hanya mengandalkan aplikasi untuk melacak HP yang banyak beredar di internet, ternyata kamu juga bisa lho menegcek HP hilang menggunakan IMEI.

Cara Cek IMEI Smartphone Android dan iPhone

Dibawah ini Admin akan menjelaskan tentang cara mengetahui nomor imei serta penjelasan singkatnya sob, simak ulasan lengkapnya.

1. Menekan *#06

Nah cara ini merupakan cara yang ampuh untuk menemukan lokasi IMEI sob. Tidak hanya bisa digunakan pada smartphone modern, menekan kombinasi tombol *#06# di menu panggilan telepon memang sudah bisa dilakukan di ponsel lawas dan secara otomatis nomor IMEI akan muncul di layar.

2. Menu setting

Umunya smartphone Android ataupun iOS sudah menyertakan nomor IMEI yang bisa ditemukan di menu setting. Untuk mengetahuinya kamu tinggal mengakses menu Setting > General > About ( ini khusus iPhone). Sedangkan untuk Android di Setting > About Phone > Status (namun letaknya mungkin berbeda tergantung merek smartphone).

3. Tercetak di belakang

Tidak semua HP nomor IMEInya ada dibelakang sob, karena beberapa vendor smartphone memang sengaja mencetak nomor IMEI di bagian belakang dan ada juga yang tidak, seperti contohnya Samsung Galaxy S7 dan iPhone 6. Namun saat ini yang terjadi kebalikannya, mereka ingin membuat bagian belakang smartphone menjadi sebersih mungkin. Untuk yang nomor IMEInya ada dibelakang silahkan cek sendiri ya sob.

4. BOX HP (Kotak Penjualan)

Setiap kamu membeli HP baru pastinya terdapat kotak penjualan, nah disetiap kotak penjualan terdapat beragam informasi khusus mengenai smartphone tersebut. Kalian bisa melihat sekeliling kotaknya makan akan menemukan nomor IMEI beserta serial numbernya. Nomor IMEI yang ada di kotak tersebut biasa digunakan untuk mempermudah sortir penjualan atau ketika Smartphone hilang.

5. Cek di slot SIM

Ternyata slot kartu sim yang memiliki print IMEI rasanya agak jarang ditemui. Namun memang benar adanya, produsen hp tersebut sengaja memasang nomor IMEI di bagian slot kartu sim, so kamu bisa cek sendiri ya sob letak nomor IMEImu.

Nah jadi seperti itulah ulasan dari saya sob tentang cara menemukan lokasi IMEI di perangkat smartphone. Dengan adanya artikel ini, semoga bisa bermanfaat dan juga bisa membantu kamu untuk menambah wawasan terutama dalam menetahui nomor imei di ponsel kamu, sekain dari saya jangan lupa nantikan informasi menarik lainnya hanya di www.duriat.com. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *