Cara Melaporkan Pencurian Artikel (Blog Copy-paste) ke Google DMCA

Cara Melaporkan Pencurian Artikel (Blog Copy-paste) ke Google DMCA

Hallo sobat duriat.com, seorang blogger atau konten penulis pastinya mempunyai ciri khas sendiri untuk menulis dan merangkai kata-kata. Tidak mudah membuat sebuah tulisan yang panjang dan juga berfariasi. Akan tetapi resiko untuk menjadi konten penulis juga sangat besar, dimana banyak sekali para blogger yang mencuri atau meng copy paste tulisan kita di blognya. Sehingga perbuatan yang seperti itu sangat tidak disukai oleh semua blogger termasuk juga tidak aman di Google. Oleh karena itu bagi kamu yang ingin menyelematkan artikel kamu dan tidak bisa di copas silahkan baca artikel berikut : CARA MENGATASI BLOG BLOGSPOT SUPAYA TIDAK BISA DI COPY/SALIN ORANG LAINCARA MENGATASI BLOG BLOGSPOT SUPAYA TIDAK BISA DI COPY/SALIN ORANG LAIN

Berbicara tentang konten penulis, terjadinya pencurian artikel diwebsite atau blog merupakan hal yang sering terjadi. Dimana biasanya pencuri artikel ini menyalin artikel dan kemudian mempublikasikan kembali di situs miliknya, bahkan yang paling para adalah pelaku tersebut menggunakan situs blog yang dapat menyalin artikel kita secara otomatis, dimana cara ini biasa disebut sebagai situs spammy yaitu auto blog atau blog AGC (Automatically Generated Content).

Biasanya si pelaku pencurian artikel ini beraksi dengan cara menyalin semua artikel kita secara manual atau juga menggunakan bantuan situs khusus yang dapat membuat kontennya sendiri secara otomatis dengan cara mengambilnya dari situs lain dengan memanfaatkan fitur dari Blogger sob, dan RSS Feeds yang ada di internet untuk mengirimkan umpan dari situs lain ke situs miliknya. Biasanya ini dilakukan oleh blog baru yang masih belum punya artikel sama sekali, karena si target biasanya tidak terlalu peduli untuk mengamankan artikelnya, maka kelakuan para blogger seperti itu bisa saja mengambil atau mengimport semua artikel yang kamu punya ke pencuri tersebut.

Perilaku yang tidak dapat dicontoh ini umumnya dilakukan oleh blogger pemula yang merasa malas sehingga jalan satu-satunya harus meng copy-paste. Karena mereka masih baru dan tidak tahu cara menulis, atau tidak memiliki kreativitas untuk menulis sesuatu di blog atau website miliknya. Orang seperti ini lah yang lebih memilih untuk menyalin ulang artikel dari situs lain dan menampilkan di situs miliknya, dengan otomatis semua artikel yang kita punya bisa tercopas semuanya tanpa tersisa satupun.

Tapi perlu kamu ketahui sob, menyalin tulisan dari situs lain atau blog milik orang lain adalah perbuatan yang aslinya boleh dilakukan selama kita memberikan keterangan sumber dari penulis awal. Kita juga boleh menyalin kembali tulisan dari situs lain dengan memodifikasi tulisannya terlebih dahulu menjadi lebih unik sebelum dipublikasikan di situs kita. Jadi blog lain bisa kamu gunakan sebagai rujukan dan kamu edit lagi tulisannya supaya tidak plek ngopy sob, karena Google sangat sensitif sekali. Jadi blog yang mengalami Duplicate Content tentunya jangan diharapkan untuk awet dan bertahan lama.

Lalu bagaimana cara mengetahui situs yang mencuri artikel kita?

Untuk mengetahuinya kamu bisa menggunakan alat yaitu Find Duplicate Content dari Siteliner. Jadi cara ini membantu kamu untuk mengetahui konten mana saja yang mengalami duplikat pada situs yang kamu kelola. Dan bagi kamu yang menjadi korban pencurian artikel, kamu bisa ikuti tutorial dibawah ini untuk melaporkan situs blog copas ke Google DMCA.

Cara Melaporkan Pencurian Artikel ke Google DMCA

Langkah 1: Pertama yang harus kamu lakukan adalah buka Halaman Penghapusan Hak Cipta dari Google Webmasters.

Langkah 2: Silahkan kamu ikuti langkah sesuai gambar berikut ini dan kamu isikan data-data dirimu.

Langkah 3: Isikan Identifikasi dan uraikan karya berhak cipta. Kamu bisa masukkan paragraf pertama pada artikel asli kamu yang telah dicuri. dan bagian bawah kamu isi dengan alamt url dari artikel atau post asli milik kamu.

Langkah 4: Pada bagian lokasi materi yang melangggar, kamu masukkan saja url alamat situs yang menyalin ulang artikel kamu atau postingan kamu.

Langkah 5: Tahap terakhir, kamu centang saja semua Pertanyaan Tersumpah, kemudian masukkan keterangan tanggal pelaporan, Juga isi Tanda Tangan dengan nama lengkap kamu.

Langkah 6: Selesai dan isi Captcha lalu kirim.

Jadi kamu sudah berhasil melaporkan situs blog copas yang mencuri artikel kamu sob, selanjutnya Google akan memproses permintaan kamu dalam waktu kurang lebih dari 7 hari. Sehingga nantinya situs yang kamu laporkan mengalami deindex dihalaman mesin pencari. Bahkan dalam hukuman paling berat yaitu situs tersebut akan dihapus oleh Google Secara permanen.

So jadi seperti itulah tutorial kali ini mengenai Cara Melaporkan Pencurian Artikel (Blog Copy-paste) ke Google DMCA. Semoga artikel ini bermanfaat dan juga bisa membantu kamu untuk mengatasi blog kamu yang dicopas sob. Jika kamu ada pertanyaan silahkan komentar dibawah ini dan selamat mencobanya terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *