Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Terpasang / Install di HP Android

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Terpasang / Install di HP Android

Hallo sobat duriat.com, Aplikasi Android merupakan salah satu hal yang terpenting bagi pengguna Smartphone, karena dengan menggunakan bantuan aplikasi android, setiap aktivitas yang kita lakukan akan semakin lancar dan juga terbantu dengan mudah. Banyak aplikasi android yang sudah ada di HP android kita, baik itu dari HPnya langsung maupun kita bisa mendownloadnya di Playstore. Hanya saja setiap Aplikasi ini mempunyai kelemahan dan juga kelebihannya tersendiri, sehingga ada masalah baru yang sering kali kerap terjadi pada HP sobat sekalian yaitu tidak bisa memasang aplikasi tersebut.

Sedikit penjelasan tentang Android, dimana Android ini sendiri merupakan salah satu basis Smartphone yang sangat populer dan banyak diminati oleh semua kalangan baik dewasa maupun anak-anak. Android dikategorikan sebagai HP pintar karena memang bisa mengakses apapun yang kita inginkan, selain aksesnya yang mudah, fasilitas-fasilitas yang ada di Android cukup menarik. Salah satunya adalah fitur yang bisa kita gunakan melalui Androidnya itu sendiri ataupun tambahan dengan cara download di Playstore.

Tidak hanya disitu saja, Smartphone Android ini sendiri juga memiliki banyak sekali fungsi lain seperti untuk SMS, menelfon, browsing internet, chatting dan lain sebagainya. Selain itu fungsi lain yang banyak adalah dapat menunjang aktifitas harian seperti membantu dalam hal pekerjaan mengirim, mengecek masuk atau membalas email yang masuk pada Android kita. Sehingga dari sekian banyaknya fungsi yang bisa digunakan di Android, smartphone android ini tidak lepas dari banyaknya aplikasi yang bisa diunduh di Play Store.

Pengguna Android pastinya akan selalu mengunduh aplikasi lainnya di Playstore, dan Playstore sendiri berfungsi untuk mendownload semua hal yang kamu butuhkan untuk di pasang di Andorid, akan tetapi tak jarang juga para pengguna Android tidak dapat memasang atau menginstall aplikasi tersebut. Sehingga terkadang pada saat kita selesai mendownload dan memasangnya, muncul notifikasi “Aplikasi Tidak Terpasang”, pastinya hal seperti ini akan membuat kita kesal kan?.

Penyebab aplikasi yang tidak bisa terpasang di HP Android kita itu biasanya disebabkan karena beberapa faktor lain yang membuat gagal memasangnya, antara lain yaitu:

  1. Adanya aplikasi lain yang sedang berjalan pada background dan menjadi konflik antar apikasi.
  2. Terlalu sering melakukan install dan menghapus aplikasi.
  3. Hardware atau Android OS tidak mendukung.
  4. Memori smartphone Android kamu penuh.

Jadi itulah biasanya penyebab aplikasi kamu tidak bisa terpasang sob, lalu bagaimana cara mengatasi supaya aplikai bisa terpasang di HP Android kita? berikut caranya.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Terpasang/Install di Android

Langkah 1: Reboot HP

Biasanya yang sering saya lakukan ketika tidak bisa menginstall aplikasi ini, bisa jadi karena Android kita sedang crash data, atau bermasalah pada sistemnya. Oleh karena itu cara mengatasinya adalah kamu restart ulang HP Android kamu, jika memungkinkan kamu coba lepaskan batrei HP kamu dan pasang lalu hidupkan kembali.

Langkah 2: Pastikan Aplikasi Original dan Tidak Eror

Salah satu faktor penyebab terjadi aplikasi yang tidak bisa dipasang karena aplikasi yang kamu install eror sob. Sehingga kamu pastikan terlebih dahulu aplikasi yang kamu install ini bermasalah atau tidak. Dan yang terpenting sebelum kamu melakukan installasi pastikan aplikasi yang kamu download berasal dari Playstore atau website terpercaya.

Langkah 3: Cek Versi Aplikasinya

Biasanya setiap aplikasi itu mempunyai versi tersendiri yang selalu di Update, jika kamu ingin menginstall aplikasi versi terbarunya, alangkah baiknya versi yang lama kamu hapus terlebih dahulu, agar tidak ada aplikasi yang dua-duanya terpasang, itulah yang menyebabkan terjadinya crash aplikasi.

Langkah 4: Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Seringkali terjadi ketika mendownload dan memasang aplikasi tersebut gagal karena ruang penyimpanan kita penuh. Sehingga kamu harus menghapus beberapa aplikasi yang tidak terlalu penting dan tujuannya untuk melonggarkan penyimpanan memory kamu agar pada saat kamu menginstall aplikasinya nanti bisa lagi dan tidak bermasalah.

So jadi seperti itulah tutorial yang dapat saya informasikan kepada kamu semua khususnya pengunjung setia duriat.com. Semoga artikel tentang Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Terpasang / Install di HP Android ini bermanfaat dan mengatasi masalah kamu. Sekian dari saya jika ada pertanyaan silahkan komentar dibawah dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *