Cara Menyembunyikan Iklan AdSense Pada Halaman Pencarian di Blog

Cara Menyembunyikan Iklan AdSense Pada Halaman Pencarian di Blog

Hallo sobat kembali lagi bersama duriat.com yang selalu senantiasa hadir setiap hari memberikan informasi menarik dan bermanfaat bagi kamu semua khususnya pengunjung setia Duriat.com. Oke sob jadi pada kesempatan kali ini admin akan membagikan sebuah tutorial Adsense lagi yaitu tentang Cara Menyembunyikan Iklan AdSense di Halaman Pencarian. Apa jadinya jika halaman pencarian pada situs blog kamu menjadi penyebab akun Adsense kamu di Banned? wah pastinya sangat nyesek sekali kan sob, bahkan kalau Adsense dibanned itu lebih sakit dari ditinggal pas lagi sayang-sayangnya :'(.

Nah perlu sobat ketahui nih, ternyata Google Adsense merupakan periklanan yang sangat sensitif dalam hal penempatan iklannya sob. Pasalnya mereka dapat mengetahui semua aktivitas yang terjadi pada iklan mereka seperti situs yang digunakan untuk menempatkan iklan, isi konten, hingga letak iklan pada sebuah halaman web. Siapa mereka? ya yang dimaksud mereka menurut Admin ya si Google Adsense ini sob.

Selain itu, Google Adsense juga melarang para pengiklan untuk menempatkan iklan pada situs yang melanggar kebijakan penempatan iklan adsense sob, terutama bagi para pengiklan yang melanggar kebijakan tersebut, pihak dari adsense akan mengirim pesan berupa teguran yang dikirim melalui Emai. Nah jika email ini abaikan begitu saja sama kamu, sama seperti kondisi admin yang diabaikan oleh pacar admin sekarang :(, maka langkah selanjutnya adalah menghentikan kerjasama periklanan tersebut selama 30 hari atau bahkan di Banned selamanya sob. Wah parah banget kan?

Lalu apa hubungannya dengan halaman pencarian? jadi setiap situs web atau blog pasti memiliki yang namanya fitur pencarian dalam blog. Fitur ini membantu pengunjung untuk menemuka artikel tertentu dengan cara memasukkan kata kunci yang dicari. Kita sebagai pemiliki situs tidak akan tau aktivitas para pengunjung kita terutama pada saat menggunakan fitur pencarian tersebut. Oleh karena itu kadang kita harus hati-hati dan mengantisi pasi apakah kata kunci yang dimasukkan tidak ada kaitannya dengan topik atau ada? atau yang lebih para pengunjung kadang memasukkan kata kunci terlarang.

Nih penting harus sobat pahami, menurut kebijakan penempatan iklan yang jelaskan oleh Google Adsense, terdapat beberapa hal yang harus kamu ketahui yaitu pengiklan tidak boleh menempatkan iklan pada 2 hal. Pertama, pada halaman yang tidak memiliki konten sama sekali, kedua menempatkan iklan pada halaman situs yang mengandung kata kunci terlarang. Jadi dari kedua hal tersebut bisa terjadi pada halaman pencarian situs. Ketika pengunjung memasukkan kata kunci yang tidak ada kaitanya dengan topik yang dibahas oleh situs, maka halaman pencarian akan menampilkan halaman kosong alias halaman tanpa konten. Selain itu, pengunjung juga bisa saja memasukkan kata kunci terlarang pada pencarian, misalnya kata kunci yang mengandung unsur 18+.

Oleh karena itu menempatkan iklan adsense pada halaman pencarian situs blog sangat beresiko apalagi aktivitas diatas bisa saja dilakukan dengan sengaja. Agar hal tersebut tidak terjadi, maka ada baiknya kita menyembunyikan iklan dari google adsense pada halaman pencarian. Dari pada sobat penasaran seperti apa caranya maka langsung saja berikut ini langkah-langkahnya.

Cara Mudah Menyembunyikan Iklan AdSense Pada Halaman Pencarian

Langkah 1: Pertama kamu harus mengetahui ID dari Widget yang digunakan untuk menampilkan iklan Google Adsense. Caranya kamu masuk dashboard Blogger, kemudian pilih Tata Letak / Layout > Edit, pada Widget tempat kode adsense disimpan. (Tujuannya hanya untuk mengetahui ID Widget pada Script iklan yang kamu tempatkan di Tata Letak).

Langkah 2: Setelah kamu mengetahui ID Widget yang kamu tempatkan ditata letak, kemudian kamu masuk ke Tema, dan Edit HTML.

Langkah 3: Silahkan klik Lompat ke Widget, dan pilih ID Widget tempat menyimpan kode Iklan Adsense tersebut.

Langkah 4: Langkah terakhir, silahkan tambahkan kode dibawah ini tepat sesudah kode <b:includable id=’main’>

<b:if cond=’data:blog.searchQuery’>

Tambahkan juga kode dibawah ini tepat sebelum kode </b:includable>

</b:if>

Untuk lebih detail, perhatikan gambar dibawah ini.

Setelah selesai kamu langsung saja simpan template kemudian lihat hasilnya. Untuk melakukan pengujian hasil tersebut, kamu bisa menggunakan fitur pencarian pada situs blog kamu. Jika iklan adsense masih muncul, kemungkinan kamu salah memilih ID widget, atau masih mengaktifkan iklan adsense otomatis.

Jadi seperti itulah tutorial cara menyembunyikan iklan adsene di Halaman pencarian blog. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan apabila ada hal yang ingin ditanyakan, kamu bisa bertanya melalui kolom komentar dibawah ini, sekain dan terima kasih sobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *