Cara Mudah Mengirim Pesan WhatsApp Dengan Perintah Suara, Video Call Juga Bisa!

Cara Mudah Mengirim Pesan WhatsApp Dengan Perintah Suara, Video Call Juga Bisa!

Hallo sobat duriat.com, Google semakin memperkaya dengan fitur Google Assistant dengan menggandeng beberapa pihak ketiga sob, salah satunya yaitu Aplikasi yang sudah tidak asing lagi yaitu WhatsApp. Dengan menggandeng Aplikasi WhatsApp kini asisten virtual Google sudah bisa diperintah dengan suara saja sob, yaitu untuk mengirim pesan WhatsApp dan melakukan panggilan video atau telepon, dan kamu bisa lakukan tanpa harus menyentuh smartphone.

Apa menariknya? jadi ketika kamu menggunakan Google Assistant sebagai sarana untuk mengirim pesan merupakan hal yang bagus dan cocok bagi kamu yang males nyentuh HP atau dalam keadaan tidak bisa sob. Salah satu contohnya ketika kamu makan dan tidak menggunakan sendok, pastinya ketika ada pesan masuk, kamu bingung kan chattingan menggunakan 1 tangan? nah dengan bantuan Google Assistant untuk mengirim pesan WhatsApp mempermudah komunikasi kamu dengan kerabat, teman, atau pacar kamu sob.

Sebelumnya, Google Assistant ini hanya bisa digunakan untuk melakukan panggilan video dan telepon saja melalui Google Duo dan juga Hangout. Akan tetapi sekarang kamu sudah bisa menggunakan WhatsApp video maupun WhatsApp Call secara hands-free alias tanpa menyentuh layar atau menggenggam ponsel. Caranya sangat mudah sob, kamu cukup mengucapkan “Hey Google, Kirim Pesan WhatsApp Kepada (sebut nama kontak)”, maka otomatis Google Asisstant akan mengarahkan kamu untuk mengirim pesan kepada kontak kamu sob, setelah itu kamu tinggal bicara saja apa yang ingin kamu kirim pesannya.

Fitur ini sudah tersedia untuk pengguna WhatsApp di platform Android sob, namun sebelum kamu ingin mengirim pesan melalui asisten google ini pastikan nama kontak di WhatsApp kamu tertulis dengan jelas dan tidak membingungkan si asisten sob, secara default maka asisten google akan mengenali perintah suara dan pesan yang kamu sebutkan baik dalam Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia. Nah, sebelum pesan terkirim, Google kembali akan memastikan lagi isi pesan yang ingin kamu kirim sob, dan kamu bisa mengubah pesan apabila ragu, atau langsung mengirimnya jika sudah yakin. Berikut dibawah ini cara mengirim pesan WhatsApp lewat pesan suara:

Cara Mengirim Pesan WhatsApp atau Video Call dengan Perintah Suara

Langkah 1: Kamu harus buka dulu Google Assistant-nya sob, biasanya untuk membuka Google Assistant kamu tinggal pencet atau tahan lama tombol tengah, tombol tengah biasanya digunakan untuk kembali ke Home. Jadi kamu tinggal pencet saja tombol tengahnya di Android kamu maka secara otomatis akan muncul Google Assistant seperti dibawah ini.

Langkah 2: Kemudian kamu perintahkan untuk Google agar mengirim pesan WhatsApp dengan cara “Ok Google, Mengirim Pesan WhatsApp”, maka Google Assistant akan menjawab “Kepada Siapa Anda ingin Mengirim Pesan?”

Langkah 3: Kamu langsung saja sebutkan saja nama kontak yang ingin kamu kirim pesan dengan jelas, maka Google Assistant menambahkan nama kontak tersebut untuk dikirim pesan.

Langkah 4: Setelah kamu menyebutkan nama kontak dan kontak muncul, maka Google Assistant kembali menanyakan “Apa isi Pesannya?”, jadi kamu tinggal sebutkan saja pesan yang ingin kamu kirim ke kontak yang dituju sob.

Langkah 5: Google Assistant memberikan kamu pertanyaan lagi setelah kamu mengucapkan isi pesannya sob, pertanyaan yang diberikan oleh Google Assistant yaitu “Apakah kamu ingin kirim pesan atau merubahnya?”, jika kamu ingin mengubah pesan maka kamu tiggal ucapkan “Ubah”, apabila kamu ingin mengirimnya, maka kamu tinggal ucapkan “Kirim”.

Langkah 6: Secara otomatis Google Assistant mengirim pesan kamu ke orang yang kamu tuju sob, dan untuk memastikannya kamu tinggal cek saja di Aplikasi WhatsApp kamu.

PENTING!

Min kenapa Google Assistant saya tidak muncul? dan tidak bisa untuk mengucapkan suara?: Jadi, Google Assistant tidak tersedia di Android versi lama sob, minimal yang bisa menggunakan Google Assistant ini adalah Android Versi Marshmallow (6.0+)

Bagaimana sob sangat mudah sekali bukan? nah sebenarnya banyak sekali cara-cara yang bisa kamu pelajari di Android maupun iOS sob, maka dari itu semoga artikel dari Admin duriat.com tentang Cara Mudah Mengirim Pesan WhatsApp Dengan Perintah Suara ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan barumu khususnya untuk pengguna WhatsApp, sekian dari saya terima kasih sob.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *